Strategi
kolam biru atau Blue
Ocean Strategy merupakan sebuah buku yang membahas strategi bisnis yang
ditulis oleh W. Chan Kim dan Renée Mauborgne, pertama kali dipublikasikan pada
tahun 2005. Buku ini mengilustrasikan cara-cara meraih keuntungan serta
pertumbuhan usaha yang tinggi dengan cara menciptakan permintaan dengan
memanfaatkan pasar yang belum atau bahkan tidak dilirik oleh kompetitor,
daripada berhadapan langsung dengan kompetitor lain untuk sejumlah konsumen
yang sama. Dalam strategi kolam biru,
perusahaan dapat menurunkan biaya produksi diiringi dengan peningkatan nilai
produk, sehingga menimbulkan inovasi nilai yang menguntungkan bagi perusahaan
maupun pelanggan. Perusahaan yang menerapkan strategi ini dapat meningkatkan
keuntungan dengan cara menjadi pemimpin pasar dan penentu harga pasar dari
produk yang dihasilkan.
Terdapat
tiga karakteristik untuk mencapai strategi yang baik, yaitu fokus pada area
yang diminati, melakukan perbedaan dengan pola pasar pada umumnya, dan memiliki
slogan yang mudah diingat dan berkesan.
Sumber : http://id.wikipedia.org/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar