Kebanyakan strategi perusahaan yang
ada saat ini memang berakar dari strategi militer, yaitu berorientasi bagaimana
caranya menjatuhkan musuh, memperebutkan sepetak tanah dengan luas terbatas dan
berjumlah tetap. Blue Ocean strategy hadir menawarkan solusi dengan cara
berfokus pada penciptaan pasar baru, penciptaan nilai baru, dan yang terpenting
adalah membuat kompetisi menjadi tidak relevan.
Sebagai
contoh, perusahaan yang berhasil menerapkan strategi ini adalah BCA.
Ketika belum ada yang berpikir soal tabungan berhadiah, BCA meluncurkan Tahapan
dengan undian berhadiahnya. Ketika hampir semua bank mengikutinya, BCA bukan
malah menambah besaran hadiah, tetapi justru meluncurkan jaringan ATM yang
lebih banyak untuk membuat nasabah bisa bertransaksi di luar jam operasi
bank. Lalu ketika semua bank mengikuti dengan menyebar ATM, lagi-lagi BCA maju
selangkah yaitu mengembangkan Internet Banking dan payment system.
Dengan strategi ini BCA sulit dikejar oleh bank-bank lain dalam consumer
banking.
Contoh lain,
adalah kisah keberhasilan Yamaha dengan skutik Mio-nya. Dulu sebelum
motor jenis ini muncul, pasar sepeda motor didominasi oleh jenis konvensional
dengan Honda sebagai penguasanya. Melalui skutik Mio, Yamaha mengintroduksi
motor dengan fitur yang berbeda secara radikal dengan produk yang selama ini
ada di pasaran. Ia juga segera membidik segmen pasar baru (new market
segment) yakni para pelanggan perempuan (female bikers). Praktis
Yamaha berenang ria dalam arena pasar baru, yang tidak ada competitor
lain di dalamnya saat itu.
Dalam dunia
pertelevisian, tvOne Sebagai pendatang yang relatif baru, sangat sadar
bahwa diferensiasi menjadi salah satu kunci sukses dalam bersaing. Semboyan
“Memang Beda” pun dipasang sebagai tagline yang memperkuat statement-nya.
Ditambah lagi dengan branding “News and Sport Station” memperkuat
positioningnya. Format acara dan para presenternya pun didesain untuk
menyajikan berita dengan lebih fun, menghindari kesan serius pada
televisi berita.
Kreativitas
dan inovasi menopang blue
ocean strategy. Blue ocean seiring dengan waktu akan menjadi Red
Ocean, jadi kreatifitas dan inovasi harus tetap dipertahankan bagi
perusahaan-perusahaan yang mengambil strategi blue ocean ini. Jadi,
tantangannya adalah bagaimana mengenali kebutuhan pelanggan di masa depan.
perusahaan yang akan sukses dan bertahan adalah perusahaan yang mampu mengenali
kebutuhan pelanggan dimasa depan dan memenangkan persaingan di masa depan,
bukan cuma saat ini saja.
Sumber : http://jpmi.or.id/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar