Kamis, 07 Juni 2012

Tips : Komputer Aman Dari Virus



Sangat benar kata pepatah dulu, mencegah lebih baik daripada mengobati. Terkena virus, wow BeTe, Mau marah tapi marah pada siapa hehe, makanya hati2 yah hehe, berikut tips2 amannya :


1. Gunakan Antivirus Pada komputer kamu.

Sekarang dah banyak kok antivirus baik luar maupun Lokal yang gratis tapi Tidak kalah bagus dengan yang bayar hehe, cari aja di paman google pasti ada kok. Tapi jangan lupa untuk selalu update antivirus kamu , sebab ratusan virus virus baru bermunculan setiap bulan, apalagi sekarang sudah banyak sekali orang2 yang pandai untuk membuat virus….wow!!!

2 . Gunakan Firewall

Dengan firewall kamu bisa menyaring program/aplikasi yang akan keluar / masuk dari maupun ke komputer kamu

3. Jangan Asal menjalankan atau meng-Klik suatu file
wow..sekarang banyak sekali virus yang menggunakan icon dari icon2 yang ada di windows, seperti icon MS Word, icon folder, icon recyclebin, gambar2 sexy dll lah pokoke yang ada di windows gitu deh, jadi kamu harus berhati2 yah apalagi dengan File2 yang berekstensi .EXE, .VBS, .COM, .SCR, .BAT.

4. Munculkan Ekstensi Dari file2 kamu
Nah yang ini biar kamu tidak tertipu oleh virus2 itu yah, jadi kamu bisa tahu file2 yang akan kamu klik, virus atau bukan, contohnya nih, virus lokal banyak yang menjadikan icon folder itu untuk menipu korbannya, sehingga menjadi icon folder trus ada ekstensinya yaitu .exe, nah klo ekstensi file tidak kamu munculkan bisa jadi kamu akan tertipu, yang tadinya mau membuka folder kamu eh malahan jadi menjalankan file virus, nah caranya adalah :

pergi ke tools –> folder Option –>View

lalu cari—> Hide extensions for known file types, nah pada checkbox nya harus tidak dicentang yah, klo sudah silahkan di apply.

5. Hindari Auto Run saat Menancapkan flashdisk

Nah sekarang virus2 sudah banyak pula yang langsung berjalan saat kamu menancapkan flashdisk pada komputer kamu, supaya tidak terjadi auto run itu coba deh sebelum menancapkan flashdisk kamu kekomputer, kamu tekan dulu tombol Shift pada keyboard kamu, tekan agak lama, lalu tancapkan flshdisknya dengan kamu tetap menekan tombol Shift nya yah, jika tidak ada reaksi berarti flshdisk sudah tidak autorun alias tidak berjalan secara otomatis, jangan lupa yah selalu gunakan tombol Shift setiap kamu mau menancapkan flashdisk kamu. eeittt..jangan lupa tetap harus di Scan dulu yah pake antivirus kamu sebelum digunakan flashdisk nya……

6. Selalu Backup data2 penting Kamu

Nah Tips ini walopun tidak secara langsung menyelamatkan data kamu, paling tidak kamu kan gak BeTe2 amat gitu lwoh klo dah terlanjur kena virus, kan masih ada backup datanya hehe

7. Download dari situs terpercaya

Nah klo kamu memang ingin download file dari internet, usahakan downloadnya dari situs2 yang terpercaya alias tidak mencurigakan gitu deh.

Moga2 tips ini bermanfaat yah, klo sudah tahu yah syukur, klo belum yah…berarti tips ini bermanfaat hehe



Sumber : http://triwied77.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar