Jumat, 01 Juni 2012

4 Langkah Agar Harapan Jadi Kenyataan


Jangan sekadar membayangkan harapan-harapan ajdi kenyataan, lakukan aksi nyata.
KOMPAS.com - Anda dapat mewujudkan apa pun harapan yang selama ini tersimpan, mendapatkan pekerjaan impian, melanjutkan sekolah, traveling keliling Indonesia atau bahkan dunia, berkontribusi dalam kegiatan sosial. Jangan biarkan kesibukan sehari-hari menunda Anda mewujudkan mimpi, atau bahkan membuat Anda tak sempat memikirkan kembali semua harapan-harapan itu.

Lakukan empat langkah berikut ini, yang membantu Anda meraih mimpi mewujudkannya menjadi nyata:

1. Membuat daftar.

Percaya atau tidak, langkah ini tak sesederhana seperti kedengarannya. Kebanyakan dari kita punya banyak keinginan dan berharap bisa pergi ke suatu tempat, namun kita tidak tahu persis arah dan tujuannya. Anda akan kesulitan menemukan apa yang sebenarnya diinginkan, sebelum menggali lebih dalam diri Anda.

Tanyakan pada diri sendiri, apa yang paling Anda inginkan dalam hidup? Hal apa yang paling ingin Anda lakukan? Untuk menemukan jawaban, Anda bisa mendapatkan melalui berbagai cara. Bahkan ketika Anda menonton acara televisi tentang traveling, acara masak-memasak, apa pun yang terkait dengan mimpi-mimpi Anda. Begitu Anda menemukan jawaban, Anda bisa memulai perjalanan untuk memenuhi apa pun keinginan Anda.

2. Riset.
Melakukan riset menjadi langkah berikutnya untuk mewujudkan harapan-harapan yang sebelumnya telah tertulis rapi. Langkah ini dapat menghemat waktu, uang dan mengurangi stres.

Sebagai contoh, kalau Anda begitu ingin melakukan kegiatan sosial, mulailah lakukan riset berbagai kegiatan penggalangan dana di sekitar tempat tinggal Anda. Anda juga bisa mencari informasi mengenai berbagai organisasi sosial yang cocok dengan keinginan dan minat Anda.

Kalau Anda menyimpan keinginan traveling keliling dunia, banyak website yang bisa Anda kunjungi atau blog berisi ulasan mengenai berbagai tempat. Lakukan riset sebelum mewujudkan keinginan melakukan perjalanan. Karena melalui riset, Anda bisa membuat rencana perjalanan lebih matang, dilengkapi dengan berbagai tips juga informasi mengenai tempat-tempat menarik yang bisa dikunjungi dengan hemat biaya.

Sementara kalau keinginan Anda adalah merintis karier baru, namun tidak memiliki keterampilan di bidang tersebut, juga lakukan riset. Pelajari bidang baru yang Anda minati untuk digeluti tersebut. Termasuk memelajari lingkungan baru, budaya kerja, dan kemungkinan pengembangan karier di tempat baru. Anda pun perlu menyiapkan waktu sebelum akhirnya beralih profesi atau memasuki bidang kerja baru. Karena Anda perlu menambah pengetahuan dan keterampilan untuk memasuki dunia baru tersebut.

3. Rencana.
Impian apa pun yang ingin Anda wujudkan, baik finansial, pendidikan, pekerjaan, perjalanan, perencanaan dapat membantu Anda meraihnya. Sebelum bertindak, buat perencanaan dengan hati-hati. Jika sudah membuat daftar, lalu melakukan riset, dan membuat perencanaan matang, apa pun yang ingin Anda wujudkan bisa tercapai lebih mudah.

Sebagai contoh, jika impian Anda adalah mendapatkan pekerjaan atau karier baru yang lebih baik, buat rencana dengan menemukan jaringan yang dapat mendukung Anda meraihnya. Cari teman atau keluarga yang bisa membantu dan mendukung Anda. Tak ada salahnya memberitahu teman atau keluarga mengenai impian Anda setelah Anda membuat perencanaan matang. Dengan begitu, mereka akan tahu bagaimana caranya untuk membantu Anda meraih impian.

Membuat perubahan dalam hidup akan terasa lebih menyulitkan tanpa adanya bantuan. Misalnya, Anda memutuskan melanjutkan sekolah dan berhenti kerja. Tanpa adanya perencanaan matang, orang-orang terdekat Anda takkan memahami tujuan Anda. Anda pun membutuhkan dukungan terutama dari keluarga atau pasangan, karena secara finansial Anda tak lagi mandiri seperti saat bekerja.

4. Lakukan!
Setelah Anda memahami apa yang paling Anda inginkan, mengetahui harapan-harapan yang ingin segera direalisasikan, bergeraklah mewujudkannya. Tak ada lagi alasan yang menunda Anda mewujudkan impian jadi nyata.

Anda telah melakukan riset untuk mengumpulkan data dan fakta termasuk tujuan yang ingin Anda capai, membuat perencanaan dari strategi hingga finansial. Jangan lagi menunggu waktu tepat untuk mewujudkan harapan jika semua tahapan sudah Anda lakukan.

Tak perlu menunggu keberuntungan atau keajaiban. Karena aksi nyata Anda dapat menciptakan keajaiban, yakni mewujudkan harapan yang selama ini terpendam atau tertunda.


Sumber: Your Tango



Sumber : http://female.kompas.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar