Rabu, 02 Mei 2012

5 Kesalahan Saat Booking Pesawat & Hotel via Online

img
Dok. Thinkstock
Jakarta - Salah satu cara praktis dalam memesan tiket perjalanan adalah dengan booking travel online. Walaupun kelihatannya mudah, pesan tiket secara online bisa lebih rumit dari yang Anda pikirkan karena kemungkinan adanya biaya tambahan yang tak terduga bisa lebih besar. Berikut beberapa tips yang akan membantu Anda menghindari kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi ketika melakukan booking secara online, seperti dikutip dari Galtime.

1. Terlambat Memesan
Jika Anda pikir memiliki banyak waktu untuk memesan pesawat atau hotel yang menjadi tujuan Anda, lebih baik pikirkan lagi. Reservasi akan terisi dengan cepat ketika mendekati hari keberangkatan, dan Anda pun tidak kedapatan tempat. Oleh karena itu, jika Anda berencana pergi ke suatu tempat pada waktu tertentu, lebih baik melakukan pemesanan dari jauh-jauh hari, karena lebih baik mendapatkan reservasi tempat dengan harga yang masuk akal daripada tidak dapat melakukan reservasi sama sekali.

2. Terlalu Cepat Memesan
Memesan terlalu cepat pun akan membuat Anda melewatkan penawaran harga yang menarik. Jika Anda tidak berada dalam tanggal perjalanan tertentu dan bisa fleksibel dalam melakukan perjalanan, Anda bisa mengambil keuntungan update harga tiket di menit-menit terakhir dari maskapai penerbangan, hotel atau penyedia perjalanan lainnya. Alat pencarian yang fleksibel di situs pemesanan dapat membantu Anda menentukan tanggal perjalanan sehingga Anda bisa mendapatkan yang termurah dari semua.

3. Tidak Melakukan Perbandingan Harga
Membandingkan harga adalah aturan utama dalam melalukan memesan tiket hotel atau transportasi umum. Tidak ada satu website pun yang memiliki penawaran harga yang baik setiap waktu, jadi pastikan Anda melakukan perbandingan dari satu agen perjalan ke agen lainnya untuk mendapatkan harga termurah yang tersedia.

4. Mengabaikan Syarat dan Ketentuan Berlaku
Banyak wisatawan yang merugi karena memesan tiket atau tempat penginapan tanpa membaca baik-baik segala syarat dan kondisi. Dari ketentuan jarak tempuh pada sewa mobil, asuransi untuk perubahan tiket pesawat sampai pembatalan hotel. Tidak mengetahui aturan dapat berarti mengeluarkan biaya lebih.

5. Mengabaikan Perhitungan Biaya
Beberapa tahun terakhir ini wisatawan banyak yang mengeluarkan uang dengan jumlah di luar budget. Sebelum meng-klik bar pembelian di layar komputer, pastikan Anda mengerti apa itu biaya tambahan yang mungkin terjadi selama perjalanan. Misalnya biaya cek bagasi, kursi, perubahan tiket atau bahkan barang yang ada di tas Anda.

(hst/hst)




Sumber : http://wolipop.detik.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar