Jumat, 04 Mei 2012

Tips Mudah Mengatasi Masa Menopause


Bagi kaum wanita, menjelang masa menopause (perimenopause), biasanya timbul rasa tidak nyaman pada tubuh. Berikut ini adalah beberapa Tips yang dapat Anda lakukan untuk meredakan rasa tidak nyaman tersebut: 

 

1. Olahraga. Olahraga yang sifatnya aerobik/manaikkan denyut jantung seperti jalan, jogging, maupun renang akan sangat membantu Anda untuk merasa lebih nyaman. Lakukan olah raga ini sebanyak 3 kali seminggu dengan intensitas yang sesuai untuk menaikkan denyut jantung Anda. Studi di AS menunjukan bahwa olahraga ini benar-benar membantu meredakan gelajala perimenopause tersebut.

2. Konsumsi Kedelai. Kacang kedelai mengandung hormon estrogen alami (hormon wanita). Dalam masa perimenopause ini, persediaan hormon dalam tubuh akan menurun. Jadi kedelai yang secara alami mengandung hormon estrogen ini akan mambantu tubuh dalam mengatasi masalah tersebut. Mengkonsumsi susu yang terbuat dari kedelai juga termasuk salah satu cara yang dianjurkan. 

3. Teknik Relaksasi. Gunakan teknis relaksasi berikut untuk meredakan beberapa gejala ketidaknyamanan pada masa perimenopause ini, seperti rasa panas pada tubuh maupun rasa cemas yang berkepanjangan. Pejamkan mata dan bernafaslah dengan dalam dan perlahan melalui kedua lubang hidung. Lakukan pola 4-7-8-4, yaitu, masukkan udara ke lubang hidung dengan emat hitungan (4), tahan selama tujuh hitungan (7), dan hembuskan keluar melalui kedua lubang hidung dengan sangat perlahan, dengan menggunakan delapan hitungan (8). Ulangi latihan ini sebanyak empat kali (4). Lakukan di pagi hari serta malam hari.


Sumber : http://tipsanda.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar