Selasa, 15 Mei 2012

Sejarah Awal Mula Sepak Takraw

Sepak Takraw – Permainan Sepak takraw sebagaimana yang tercatat dalam Wikipedia, keberadaannya sudah ada sejak zaman Kesultanan Melaka (1402-1511) yang dikenal degan nama sepak raga (dalam bahasa melayu). Sepak takraw adalah jenis olahraga campuran dari sepak bola dan bola voli, dimainkan di lapangan ganda bulu tangkis, dan pemain tidak boleh menyentuh bola dengan tangan. Kejuaraan paling bergengsi dalam cabang ini adalah King’s Cup World Championships, yang terakhir diadakan di Bangkok, Thailand. Bola sepak takraw terbuat dari anyaman rotan dan pemain berdiri membentuk lingkaran.

Catatan sejarah terawal tentang sepak raga terdapat dalam sejarah Melayu. Ketika pemerintahan Sultan Mansur Shah Ibni Almarhum Sultan Muzzaffar Shah (1459 – 1477), seorang puteranya bernama Raja Ahmad telah dibuang negeri karana membunuh anak Bendahara akibat persengketaan ketika bermain sepak raga. Raja Ahmad kemudiannya diangkat menjadi Sultan di Pahang, bergelar Sultan Muhammad Shah I Ibni Almarhum Sultan Mansur Shah.

Pada tahun 1940-an hal ini berubah dengan menggunakan jaring dan peraturan angka. Di Filipina permainan ini disebut sipa, di Burma chinlone, di Laos kator, dan di Thailand takraw.
Peraturannya sama dengan bola voli dengan perbedaan:
1. Pemain tidak boleh menyentuh bola dengan tangan
2. Pemain atau tim hanya boleh menyentuh bola 3 kali berturut-turut
3. Posisi pemain bertahan tidak diputar


Sumber : http://awalmula.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar