Sabtu, 12 Mei 2012

Pria Membuktikan Dirinya Tak Bersalah Dengan Rumus Matematika

Matematika ternyata tidak hanya berguna diatas kertas dan beragam proyek ilmiah, seorang warga San Diego menggunakan kepandaiannya dalam berhitung untuk membuktikan bahwa dirinya tidak melakukan pelanggaran hukum, dan ia berhasil!
 
Mobil yang dikendarai Dmitri Krioukov dihentikan polisi karena diduga telah melanggar rambu ‘stop’ di jalanan. Petugas kemudian menyerahkan surat tilang yang mencantumkan angka denda sebesar $400 didalamnya kepada Krioukov. Merasa tak bersalah, Dmitri mencoba mengirimkan bantahannya dengan sebuah surat resmi, atau yang dimata kita mungkin lebih pantas disebut sebagai makalah fisika.

Didalamnya tertulis bagaimana contoh penglihatan seseorang dapat tertipu ketika melihat kecepatan suatu objek dari jarak yang berlainan. Contohnya seperti ketika kita melihat sebuah kereta yang sedang berjalan. Dari jauh, kereta tersebut akan terlihat berjalan dengan lambat, jauh lebih lambat dibandingkan jika kita melihat kereta tersebut melintas beberapa meter di depan kita. Padahal kereta tersebut sebenarnya bejalan dengan kecepatan yang sama.

Hal inilah yang menurut Kriukov, seorang ahli fisika dari San Diego, terjadi pada penglihatan polisi yang menilangnya. Dan ia menjelaskan semua itu dengan detail yang menakjubkan, lengkap dengan berbagai persamaan matematika dan rumus fisika yang saya kira cukup untuk membuat petugas polisi yang membacanya pusing tujuh keliling.

Entah apakah karena polisinya malas mengoreksi isi surat tersebut, atau karena terkesan dengan kepandaian Krioukov, akhirnya surat tilang tersebut dibatalkan.



Sumber : http://www.gaptekupdate.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar