Minggu, 13 Mei 2012

PEMBUATAN MINYAK KAYU PUTIH

PEMBUATAN MINYAK KAYU PUTIH
Oleh :
Fajar Ebtanto
FAJAR EBTANTO, 2005, Pembuatan Minyak Kayu Putih di Perum Perhutani KPH Gundih, Diploma III Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Pabrik Minyak Kayu Putih Gundih yang terletak di Dukuh Krai, Desa Bandungharjo, Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang berada di bawah naungan Perum Perhutani Unit I Jawa Tengah yang berkedudukan di Semarang.

Bahan baku yang digunakan berasal dari daun kayu putih dari jenis Ponorogo yang ditanam pada areal milik Perum Perhutani KPH Gundih yang meliputi 5 Kecamatan yaitu : Geyer, Toroh, Pulokulaon, Gabus, dan Kradenan.

Penyulingan minyak kayu putih pada Pabrim Minyak kayu putih Gundih menggunakan sistem Direct Steam Distilation dengan tekanan 1.16 atm. Kebutuhan akan steam dipenuhi oleh dua buah boiler yang mampu memproduksi steam dengan tekanan uap 4.48 atm dan 5.8 atm.

Kebutuhan akan air sebagai pendingin kondensor dan umpan boiler dipenuhi dari waduk Cidelaras. Kebutuhan air untuk umpan boiler sebesar 65 m3 perhari.

Minyak kayu putih yang dihasilkan memiliki warna yang jernih kuning kehijauan dengan kadar sineol 60 %.




Sumber :  http://digilib.uns.ac.id/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar