Kamis, 10 Mei 2012

Kosakata Bahasa Jepang – Angka dan Hari

kosakata bahasa jepang 300x159 Kosakata Bahasa Jepang   Angka dan Hari
Kosakata Bahasa Jepang - Angka dan Hari
Bahasa Jepang kini banyak diminati oleh anak muda Indonesia karena pengaruh dari anime-anime Jepang, komik-komik Jepang, dan juga band-band Jepang yang makin terkenal di Indonesia. Bahasa Jepang dulunya berasal dari bahasa Mandarin, dan akhir nya tulisan kata-katanya pun di permudah, namun tetap memiliki unsur bahasa Mandarin pada tulisan kanjinya. Baiklah sudah cukup introduksi nya, dan di sini saya akan mengajarkan tentang kosakata bahasa jepang tingkat dasar yaitu angka dan hari. Semoga dengan ini kalian dapat berhitung dan menyebutkan nama hari dalam bahasa Jepang.

Kosakata Bahasa Jepang – Angka
1 = Ichi
2 = Ni
3 = San
4 = Shi atau Yon
5 = Go
6 = Roku
7 = Nana atau Sichi
8 = Hachi
9 = Kyuu
10 = Juu
11 = Juuichi
12 = Juuni
13 = Juusan
14 = Juushi atau Juuyon
15 = Juugo
16 = Juuroku
17 = Juunana atau Juusichi
18 = Juuhachi
19 = Juukyuu
20 = Nijuu
30 = Sanjuu
31 = Sanjuuichi
32 = Sanjuuni
33 = Sanjuusan
39 = Sanjuukyuu
40 = Shijuu
50 = Gojuu
60 = Rokujuu
70 = Nanajuu
80 = Hachijuu
90 = Kujuu
100 = Hyaku
101 = Hyakuichi
110 = Hyakujuu
175 = Hyakunanajuugo
1.000 = Sen
2.000 = Nisen
10.000 = Man atau Ichiman
1.000.000 = Hyakuman
Angka merupakan salah 1 kosakata bahasa Jepang yang paling mudah. Untuk angka-angka dalam bahasa Jepang, sepertinya sangatlah mudah. Jadi kalian hanya perlu menghafalkan angka 1 sampa 10, dan setelah itu kalian juga harus menghafal puluhan, ratusan, ribuan. Jadi misalnya angka 123, 100 dalam bahasa Jepang adalah Hyaku, dan 20 dalam bahasa jepang adalah Nijuu, dan 3 dalam bahasa jepang adalah san, jadinya 123 adalah Hyakunijuusan. Mudah sekali bukan.

Kosakata Bahasa Jepang – Hari
Minggu = Nichiyoubi (Matahari)
Senin = Getsuyoubi (Bulan)
Selasa = Kayoubi (Api)
Rabu = Suiyoubi (Air)
Kamis = Mokuyoubi (Pohon)
Jumat = Kinyoubi (Emas)
Sabtu = Doyoubi (Tanah)

Dalam bahasa jepang, setiap harinya memiliki unsur elemen nya tersendiri. Contoh nya untuk hari rabu seperti yang kalian dapat lihat di atas, unsur elemen pada hari rabu adalah air, dan pada hari kamis adalah pohon. Youbi pada nama-nama hari di atas itu artinya hari, dan kata yang terdapat sebelum kata youbi artinya adalah elemen yang bersangkutan pada hari tersebut. Misalnya untuk hari Selasa, Kayoubi, Ka itu artinya api. Nama-nama hari juga merupakan salah satu kosakata bahasa jepang yang paling mudah.

Kosakata Bahasa Jepang – Penutup
Baiklah sampai di sinilah kelas bahasa jepang kita. Semoga dengan ini kalian sudah dapat berhitung menggunakan bahasa jepang dan juga menyebutkan nama-nama hari menggunakan bahasa Jepang. Belajar bahasa Jepang itu sangat menyenangkan bukan? Setelah ini saya akan mencoba untuk membuat posting tentang kosakata bahasa Jepang lagi untuk yang lebih dalam.


Sumber : http://www.cintaindonesia.org/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar