Senin, 14 Mei 2012

Buah Pohon Kurma: Manfaat dan Khasiat Pohon & Buah Kurma.


Kurma merupakan pohon yang sangat terkenal tidak hanya di negara asalnya, tetapi hampir di seluruh dunia. Pohon kurma ada bermacam-macam , salah satu nama ilmiahnya adalah phoenix dactylifera ini digolongkan dalam famili Palmae, genus Phoenix, dan spesies Phoenix dactylifera.


Buah KurmaTanaman ini merupakan tanaman yang suka iklim yang panas, sehingga habitat yang paling sesuai dengan pohon kurma adalah daerah padang pasir. Namun demikian, pohon kurma juga dapat tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia walaupun tidak dapat menghasilkan buah sebaik di daerah yang beriklim panas seperti Timur Tengah dan Afrika. Sebenarnya pohon kurma mudah tumbuh di berbagai macam tanah, tetapi tanah yang terbaik untuk menanam kurma adalah tanah yang porous atau berpori besar sehingga air hujan tidak sampai menggenang.
Ada seseorang yang setelah makan kurma lalu membuang bijinya ke tanah, tanpa disadarinya setelah beberapa waktu muncul tunas dari biji tersebut dan setelah ditanam pohon kurma itu dapat tumbuh besar.
Ternyata phoenix dactylifera dapat ditemukan di berbagai kota di Indonesia meskipun tidak banyak, misalnya di Jogjakarta, Demak, bahkan di Bandung yang suhunya cukup dingin. Di Bandung ada yang menanam pohon kurma dan telah berbuah setelah 15 tahun sejak penanaman. Ini membuktikan bahwa kurma tidak hanya dapat tumbuh di dareh yang beriklim panas, tetapi juga di daerah yang beriklim tropis. Tetapi tidak semua kurma yang ada di Indonesia berbuah. Tanaman ini mulai berbunga ketika berumur 6 tahun, bahkan ada yang 15 tahun baru berbuah. Usia kurma mencapai sekitar 100 tahun, namun produksi buah kurma mulai menurun ketika berusia 60 sampai 80 tahun.
Buah kurma sangat digemari oleh banyak orang, selain karena rasanya yang manis ternyata buah kurma kaya akan kandungan gizi. Bahkan kurma yang mentahpun telah memiliki manfaat. Berikut ini kandungan gizi pada kurma: karbohidrat, fiber/serat, protein, lemak, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, asam nikonat, asam folic, kalsium, kalium, magnesium, tembaga, sulfur, besi, zinc, fosfor,  dan lain-lain. Kurma aman dikonsumsi siapa saja, bahkan bayi yang baru saja lahir sekalipun. Banyak sekali manfaat kurma baik buah, pelepah, ataupun akarnya.
Beberapa manfaat kurma antara lain:
  1. Kurma merupakan makanan dan minuman terbaik bagi wanita hamil, melahirkan, dan menyusui.
  2. Meningkatkan trombosit dalam darah sehingga dapat membantu pemulihan penderita DBD.
  3. Mencegah stroke.
  4. Mengatasi rheumatik.
  5. Meningkatkan daya tahan tubuh.
  6. Sebagai antioksidan.
  7. Membantu pertumbuhan tulang.
  8. Mengobati wasir.
  9. Mengatasi anemia.
  10. Memperlancar buang air kecil.
  11. Menambah berat badan anak.
  12. Meningkatkan vitalitas.
  13. Mencegah dari rabun.
  14. Pelepah kurma bermanfaat untuk kesuburan.
  15. Menyehatkan kulit, dan sebagainya.
Untuk mengkonsumsi buah kurma bisa ketika buah masih muda atau sudah tua, ada yang basah dan ada yang kering. Bahkan kini ada yang membuat sari kurma dengan menghaluskannya seperti membuat sirup, sehingga bisa memilih mana yang paling disukai.
Supaya Indonesia tidak perlu lagi mengimpor kurma dari luar negeri, ada baiknya untuk mencoba membudidayakan pohon kurma di berbagai daerah di Indonesia karena banyak daerah di Indonesia yang iklimnya cocok untuk menanam pohon kurma.


Sumber : http://syadiashare.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar