Kamis, 19 April 2012

SMCH - Vegetarian - Vegetarian Membuat Anda Lebih Sehat

Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, Boulder, Colorado, Amerika Serikat, 9 Maret 1991 (Asal bahasa Inggris)
Zaman sekarang, segelintir orang yang disebut dokter masih sangat cenderung pada teori lama bahwa orang membutuhkan daging untuk bertahan hidup. Tetapi, Anda bisa menemukan banyak buku yang mengungkapkan riset yang dilakukan oleh dokter-dokter lain yang mengatakan bahwa protein daging berbahaya, beracun, dan tidak baik bagi tubuh. Dokter-dokter ini telah membuktikan seribu satu persen kebenarannya. Jadi, jangan hanya mendengarkan satu teori saja dan langsung meyakininya. Kita tidak perlu makan daging, sama sekali tidak. Tidak ada satu pun orang yang membutuhkannya. Sebenarnya, banyak orang yang sembuh dari penyakit setelah memulai pola makan vegetarian. Apakah kita cukup berani mendengar teori yang lain? Kita bisa terhipnotis untuk mempercayai satu teori saja dan meyakinkan diri atas teori tersebut, lalu percaya bahwa daging sangat penting bagi kita. Tetapi, itu tidak benar.
Jadilah Vegetarian Untuk Menghindari Bencana dan Menerangi Tubuh serta Pikiran
Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, Universitas Kolombia, New York, Amerika Serikat, 4 November 1989 (Asal bahasa Inggris)
T: Tolong jelaskan lebih banyak tentang penderitaan massal. Apakah karena manusia sebelumnya telah berbuat dosa sehingga mereka menderita?
G: Tidak ada orang yang tidak berdosa. Saya sama sekali tidak pernah menyalahkan siapa pun. Semuanya adalah sebuah proses belajar. Belajar sangat menyakitkan. Sekali Anda dibangkitkan, bagaimanapun, Anda melihat sesuatu dalam cahaya yang berbeda dan Anda tahu itu semua pelajaran.
Lihat pembunuhan massal yang kita lakukan setiap hari untuk memelihara tubuh ini seratus tahun. Berapa banyak nyawa yang harus dikorbankan, semua ikan, semua udang, semua ayam, semua babi, semua sapi. Apakah Anda pikir energi ini akan lenyap tanpa peperangan, tanpa penderitaan, tanpa penyakit fisik? Segala sesuatu yang kita lakukan tercatat di udara. Tidak ada yang hilang; hanya dilebur dengan energi lain. Hanya diseimbangkan oleh tindakan lain, tidak hilang. Sebagai contoh, jika udara sudah menjadi es setelah menjadi air, maka jika Anda ingin menghilangkannya, Anda harus menggunakan sinar matahari, lampu, cahaya, atau memanasinya untuk mengembalikannya menjadi udara kembali. Jadi, jika kita selalu melakukan pembunuhan massal, maka semua hewan ini tentu akan menderita dan mereka juga mempunyai kesadaran, pikiran, serta energi kebencian. Jadi, semua kebencian dan ketakutan ini kemudian menyatukan diri menjadi energi yang sangat kuat dan bergantung di udara. Terlalu banyak energi tersebut akan menimbulkan penderitaan secara massal.
Kita harus bayar segala sesuatu yang kita pakai di alam fisik ini. Oleh sebab itu, semua Guru menekankan untuk mengikuti pola makan vegetarian, yang paling ringan bebannya di antara berbagai jenis kehidupan. Hewan mempunyai nyawa, tanaman juga mempunyai nyawa, tetapi tanaman paling rendah bebannya. Sama seperti jika Anda berpenghasilan hanya seratus dolar dan Anda ingin menghabiskan dua ratus dolar, tentu saja Anda akan terjerat hutang dan Anda akan kesulitan. Jika Anda mencoba membeli barang yang murah dan mencukupi diri dengan biaya minimal untuk hidup, lalu Anda tidak perlu kuatir akan hutang. Itulah sebabnya kita memilih pola makan vegetarian, buah buahan, kacang-kacangan, atau keju. Semua ini mempunyai dosa yang lebih sedikit, lebih sedikit kesadaran di dalamnya. Jika Anda memetik beberapa kacang dari pohon, pohon tersebut masih memiliki banyak kacang untuk berkembang menjadi ribuan pohon kacang. Mereka tidak akan hilang. Jika Anda memetik sekuntum bunga atau memotong cabang dari pohon sayur, dia akan tumbuh lebih banyak dari cabang yang dipotong, bahkan lebih banyak sayur akan muncul. Jadi, dengan cara ini, kita tahu bahwa pola makan vegetarian lebih aman dan menimbulkan beban yang lebih sedikit.
Aktifkan Kekuatan Kekebalan di Dalam Diri Anda
Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, Universitas Berkeley, CA, AS, 13 Oktober 1989 (Asal bahasa Inggris)
Sebagaimana yang sudah kita ketahui, kebanyakan penyakit berasal dari makan daging, itu karena obat antibiotik yang diberikan kepada hewan, karena ketakutan yang mengakibatkan timbulnya racun di daging hewan. Karena kita makan semua antibiotik ini, maka tubuh kita kehilangan kekebalan diri terhadap penyakit. Biasanya tubuh kita bisa melawan penyakit, tetapi karena kita makan terlalu banyak daging yang penuh antibiotik, maka tubuh kita menjadi lemah dan sistem pertahanan tubuh kita tidak berfungsi dengan baik. Oleh sebab itu, segala macam penyakit dengan mudah menyerang dan mengakhiri hidup kita. Sangat menyedihkan.
Sekarang, kebanyakan orang berpikir jika kita memohon kepada Yesus atau Buddha, maka itu sudah cukup. Tetapi, saya pikir kita harus menambahkan meditasi dan berbudi luhur, serta pola hidup yang sehat. Kemudian kita mempercepat kebijaksanaan dan pembebasan. Sebagai contoh, jika kita berlatih bersama dalam metode kita yang kita sebut Metode Quan Yin, setiap hari kita dapat mendengar instruksi Tuhan di dalam, melihat kebijaksanaan Tuhan dengan mata surgawi, menjalani pola makan vegetarian serta pola hidup yang bermoral, sehingga kita menjadi tidak takut terhadap penyakit. Banyak inisiat kita segera sembuh dari penyakit. Maksud saya penyakit berbahaya yang biasanya perlu operasi atau yang fatal. Ada orang yang kembali dari ranjang kematian, karena kekuatan dari kehidupan mereka yang bermoral dan kekuatan Tuhan yang melindungi mereka. Jika kita membuka kekuatan ini di dalam melalui teknik yang benar, lalu kekuatan itu yang kita sebut sebagai Sifat Kebuddhaan atau Buddha di dalam kita atau Tuhan di dalam kita akan melindungi kita dua puluh empat jam sehari dan terus melindungi kita walaupun kita telah meninggalkan tubuh ini.
Kita Sebenarnya Bisa Menjalani Hidup yang Lebih Baik
Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, Meditasi Kelompok di Singapura, 29 September 1994 (Asal bahasa Inggris)
Zaman sekarang, berbagai jenis penyakit telah membunuh sekitar delapan belas juta orang dalam setahun. Hal ini dikarenakan banyak di antara kita yang tidak melakukan tindakan perlindungan terhadap tubuh yang diberikan Tuhan yang seharusnya digunakan untuk menyadari kemahakuasaan kita selama di dunia ini. Kita merokok terlalu banyak, minum terlalu banyak, dan makan daging terlalu banyak. Tindakan ini telah mengundang semua bakteri dari daging tersebut ke dalam tubuh kita. Dan semua faktor pembunuh ini membuat hidup kita sengsara.
Sesungguhnya, kita dapat hidup lebih baik jika kita lebih teratur dan lebih menghargai tubuh kita. Jika kita hanya makan makanan bergizi dan makan bukan hanya karena cita rasanya saja, serta makan secukupnya; dengan begitu maka kesehatan kita tidak akan begitu rentan. Anda lihat, kebanyakan orang yang berpola makan nabati menjadi lebih sehat. Bukankah begitu? [Hadirin: Ya.] Banyak di antara Anda menjadi lebih sehat setelah menerima inisiasi dan beralih ke pola makan nabati. Bukankah begitu? [Hadirin: Ya.] Sebenarnya, rumah sakit penuh dengan orang pemakan daging (Tertawa). Tidak masalah, kita bisa melihat buktinya di sana.
Pola makan nabati sendiri bukan hanya sehat, tetapi getarannya juga sangat harmonis terhadap tubuh kita. Getaran hewan tidak begitu harmonis, tidak begitu damai. Sebenarnya, sangat mudah untuk menjalani hidup sehat yang sederhana. Tidak perlu begitu banyak obat, tidak perlu begitu banyak suntikan. Banyak di antara kita yang mencelakakan diri sendiri karena kita memasukkan bahan beracun ke dalam tubuh kita. Sebaliknya, jika kita tahu bagaimana menjalani kehidupan yang sehat, bergizi, dan sederhana; maka kita sebenarnya tidak membutuhkan begitu banyak dokter. Dengan begitu, dokter-dokter akan mendapat lebih banyak libur, kita semua juga dapat terus sehat.  
Kabar Gembira bagi Orang
yang Berpantang Makan Daging (Vegetaris)
Protein penting berasal dari sayur-sayuran (protein nabati)
Makanan nabati tidak hanya bermanfaat bagi latihan rohani kita, tetapi juga sangat menyehatkan. Bagaimanapun juga, kita harus memberi perhatian khusus pada keseimbangan gizi dan memastikan bahwa kita tidak kekurangan protein nabati yang paling banyak dibutuhkan.
Ada dua jenis protein: protein hewani dan protein nabati. Kacang kedelai, kacang polong manis, dan kacang polong salju, adalah beberapa sumber protein nabati. Bervegetarian tidak berarti hanya makan sayur tumis. Protein seharusnya termasuk pelengkap makanan untuk kebutuhan seseorang.
Dr. Miller mengatakan bahwa kita hanya butuh makan biji-bijian, kacang polong, buah-buahan, dan sayur-sayuran untuk mendapatkan semua gizi yang kita butuhkan untuk memelihara kesehatan yang baik. Dr. Miller juga mengatakan bahwa "tahu adalah daging tanpa tulang". Kacang kedelai sangat bergizi, andaikata orang-orang hanya dapat makan satu macam makanan, dan mereka makan kacang kedelai, mereka akan dapat mempertahankan hidup lebih lama, (ini dikutip dari bab "Mengapa orang harus menjadi vegetaris" di dalam buku MAHA GURU CHING HAI "Kunci untuk Mencapai Pencerahan Seketika I dan contoh buku).
Menyiapkan makanan nabati sama seperti memasak makanan dengan daging, kecuali bahan-bahan protein nabati termasuk potongan ayam nabati, ham nabati, atau irisan daging nabati digunakan sebagai gantinya. Sebagai contoh pengganti masakan "Daging tumis dengan seledri atau "Sup ganggang laut dengan telur" kita sekarang dapat memasaknya dengan "Daging nabati di tumis dengan seledri" atau "Sup ganggang laut dengan lembaran tahu kering". Jika Anda berada di negara di mana bahan protein nabati ini tidak tersedia, Anda dapat menghubungi Center Asosiasi International Maha Guru Ching Hai setempat dan kami akan memberikan informasi tentang beberapa distributor utama dan rumah makan vegetarian untuk Anda.
Untuk mengetahui bagaimana cara memasak makanan nabati, Anda dapat membaca buku masak Supreme Kitchen, atau buku masakan nabati lainnya.
Catatan :
Dr. Miller adalah seorang vegetaris sepanjang hidupnya. Dia praktik pengobatan dan mengobati kaum miskin di Republik China selama 40 tahun.
 





 Sumber : http://www.godsdirectcontact.or.id/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar