Kamis, 19 April 2012

SMCH - Vegetarian - Jadilah Vegetarian dan Cintailah Sesama Penghuni Bumi Ini

Jika anjing tercinta Anda mati, akankah Anda merasa sedih? Demikian juga, kita dapat mencintai sapi dan babi jika kita mengenal mereka. Ada seekor babi yang menyelamatkan pemiliknya dari banjir meskipun babi itu tahu bahwa dia akan disembelih kemudian. Ada juga cerita tentang satu kelompok hewan yang menghangatkan tubuh seseorang saat orang itu sedang tersesat di dalam hutan. Mereka mau mengorbankan hidup mereka hanya untuk mempertahankan hidup manusia; jadi bagaimana mungkin kita sebaliknya tidak mencintai dan melindungi mereka? Memberikan kesempatan hidup kepada semua hewan dapat memberikan sebuah peluang kepada kita untuk menjadi sahabat dengan semua ciptaan. Hanya ketika kita tahu bagaimana mencintai hewan, maka kita baru benar-benar menyadari bagaimana meluaskan cinta kasih dan kebijaksanaan kepada sesama kita – sesama penghuni di planet ini. Bersama-sama, kita seharusnya dapat menciptakan masyarakat yang harmonis untuk manusia dan hewan.
Sama seperti kita, hewan juga memiliki perasaan, emosi, keinginan, dan ketakutan. Apakah Anda pernah menderita luka dan merasa sangat kesakitan? Rasa sakit itu tidak dapat dibandingkan dengan rasa ketakutan seekor hewan ketika mereka menghadapi kematian. Cobalah untuk membayangkan diri sendiri dalam sebuah lorong yang panjang dan kosong tanpa pintu maupun jendela. Anda tidak ingat di mana Anda berada, juga teman-teman dan keluarga Anda berada. Tiba-tiba, kedua sisi dinding lorong itu mendatangi Anda. Anda tidak tahu apa yang harus dilakukan kecuali mencoba untuk mendorong dinding. Pada akhirnya Anda tahu bahwa Anda akan mati karena tidak ada jalan ke luar untuk melarikan diri. Itulah yang dirasakan hewan-hewan sebelum mereka disembelih. Hewan-hewan sama seperti kita. Mereka memiliki perasaan dan emosi. Mereka merasa ketakutan seperti yang kita rasakan jika kita mengalami kecelakaan mobil. Bagaimana kita dapat kejam seperti ini dan mengambil hak hidup mereka hanya untuk memuaskan keserakahan kita?
Apakah manfaatnya menjadi seorang vegetarian? Beberapa orang menganggap bahwa para vegetarian tidak dapat memperoleh gizi dan nutrisi yang memadai. Sebenarnya, banyak penelitian ilmiah menunjukkan bahwa dengan menjadi vegetarian kita akan menjadi lebih sehat. Sebelum hewan-hewan disembelih, zat-zat berbahaya tertentu akan dikeluarkan ke dalam darah mereka ketika mereka dalam ketakutan. Dengan mengonsumsi bangkai hewan yang ketakutan itu, dapatkah sistem kekebalan dalam tubuh kita tidak terpengaruh? Dapatkah kita menjadi lebih sehat?
Para vegetarian memiliki tingkat beta-karoten dalam darah yang tinggi. Mereka mengonsumsi vitamin C, beta-karoten, protein, dan serat lebih banyak daripada pemakan daging. Para vegetarian juga memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat. Para peneliti Jerman baru-baru ini menemukan bahwa para vegetarian memiliki aktivitas sel pertahanan alami yang lebih banyak daripada pemakan daging. Pembunuh sel-sel yang alami dikhususkan pada sel darah putih yang menyerang dan menetralisir sel-sel kanker. Selain itu, para vegetarian cenderung untuk makan produk olahan kacang kedelai daripada pemakan daging. Kacang kedelai banyak mengandung zat-zat yang anti karsinogen, termasuk lignin dan fitoestrogen. Pola makan yang kaya dengan kacang kedelai mungkin menjadi salah satu alasan mengapa kasus kanker payudara di Asia sangat rendah.
Vegetarian bukan hanya lebih sehat, mereka dapat juga lebih pandai, rupawan, dan berhasil. Banyak ilmuwan dan seniman yang bervegetarian. Sebagai contoh, Albert Einstein, penerima hadiah Nobel untuk fisika; Elie Wiesel, penerima hadiah Nobel untuk perdamaian dan pengarang buku; Sir Isaac Newton, bapak ilmu fisika; Leonardo Da Vinci, Benjamin Franklin, Thomas Edison, dan lain-lain. Untuk selebriti, Tobey Maguire (Spider Man), Richard Gere (Chicago), Joachin Phoenix (Walk the Line) dan lain-lain, juga vegetarian. Beberapa orang seperti Steve Jobs (CEO Apple Computer), and Lauren Bush (Model Amerika), juga bervegetarian.
Lebih banyak orang yang menyadari keuntungan menjadi vegetarian: bermanfaat bagi diri mereka, bermanfaat bagi lingkungan, bermanfaat bagi hewan, dan lain-lain. Semua makhluk saling terhubung bersama-sama. Jika kita melukai sesama penghuni di planet ini dengan cara apa pun, itu berarti kita melukai diri kita sendiri pada akhirnya. Memakan daging mengakibatkan efek-efek yang mengganggu kesehatan, lingkungan, dan menciptakan kebencian serta penderitaan terhadap makhluk yang lain. Kita seharusnya melindungi dan menolong spesies lain dalam perjalanan hidup mereka – bukan mengambil hidup mereka. Marilah kita menjadi vegetarian/vegan dan mencintai sesama penghuni planet kita!
 
* Artikel ini disusun dari sebuah makalah yang ditulis oleh pelajar SMA yang mencoba untuk menganjurkan vegetarisme di sekolahnya

 
Vegetarisme: Hormat dan Kasih
Terhadap Kesatuan dari Semua Kehidupan
Disampaikan oleh Maha Guru Ching Hai, Dublin, Irlandia,
7 Juni 1999, (Asal bahasa Inggris) DVD #656
T: Saya merasa gembira karena Anda adalah seorang vegetarian. Dapatkah Anda  menjelaskan mengapa di dalam hidup ini sangat penting untuk menjadi vegetarian?
G: Hal ini penting karena kita dan semua kehidupan di planet ini terhubungkan bersama oleh sebuah rantai yang tak tampak. Dan jika satu mata rantai itu rusak, maka segalanya menjadi kacau-balau. Tetapi, karena tak tampak maka kita tidak mengetahuinya. Jika tidak, bagaimana kita menjelaskan mengenai semua bencana, semua pembunuhan, dan peperangan di planet ini?
Saat Anda masuk ke dalam batin dan bermeditasi pada Tuhan, Ia akan menunjukkan kepada Anda bahwa rasa welas asih sangatlah penting dan rasa welas asih harus disalurkan kepada semua makhluk, bahkan para hewan. Lalu Anda akan tahu betapa pentingnya itu. Dalam Alkitab, Tuhan telah mengatakan bahwa Ia menciptakan manusia dan membuat semua tanaman yang ada di ladang serta semua sayuran sebagai makanan kita. Lalu Ia berkata, "Kemudian Aku menciptakan para hewan untuk menemani kalian, untuk menolong kalian, dan kalian akan menguasai para hewan."  Tetapi, Ia tidak menyinggung bahwa kita boleh memakan mereka.




 Sumber : http://www.godsdirectcontact.or.id/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar