Senin, 09 April 2012

Tips Tentang Makanan Kura-Kura


Top of Form
Bottom of Form
Semoga Tips Tentang Makanan Kura-Kuraberikut bermanfaat
Berikan suplemen makanan kura-kura untuk mendukung pertumbuhan

Memberikan suplemen berupa kalsium sangat penting bagi pertumbuhan kura-kura. Kalsium bubuk dapat ditaburkan di makanannya. Dianjurkan menggunakan suplemen kalsium yang mengandung vitamin D3 jika kura-kura dipelihara di dalam ruangan (indoor). Sementara untuk kura-kura yang dipelihara di luar rumah (outdoor) cukup diberikan suplemen kalsium tanpa vitamin D3. Dianjurkan untuk menyediakan tulang sotong (cuttlefish bone) agar dapat digerogoti oleh kura-kura.

Berdasarkan makanannya ada dua jenis kura-kura, yaitu jenis kura-kura
 herbivora dan jenis kura-kura karnivora. Makanan Kura-kura herbivora antara lain sayuran, di antaranya lobak hijau, dandelion, bayam, wortel, dan tanaman air, seperti selada air. Sementara itu makanan kura-kura karnivora : serangga, cacing, dan ikan. Makanan kura-kura yg instan juga baik diberikan kepada hewan kesayangan Anda tersebut. Anda bisa menemukan makanan kura-kura komersial di pasaran, seperti petshop atau supermarket. Sebaiknya pakan diberikan setiap hari.

Kura-kura yang malas makan biasanya disebabkan oleh stres, sakit, berebutan makan dengan kura-kura yang agresif, habitatnya yang terlampau dingin, makanan yang tidak cocok, atau menaruh makanan di tempat yang salah. Suhu juga turut berpengaruh terhadap ”mood” makan kura-kura.
 
Pastikan suhu habitat cocok untuk jenis kura-kura anda. Suhu yang terlalu rendah membuat mereka malas makan. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda perlu mendeteksi penyebabnya. Setelah penyebabnya diketahui, barulah dicarikan solusinya.
 


Memacu nafsu makan kura-kura
Mungkin Anda pernah menemukan suatu saat kura-kura Anda malas makan. Untuk memacu nafsu makannya, berikut tips yang bisa dijalankan.
  • Jika kura-kura Anda merupakan kura-kura aquatik, taruhlah makananya di air. Kura-kura jenis ini akan membawa makanan yang ditemukannya di darat ke dalam air untuk dimakan. Ada beberapa kura-kura yang takut saat Anda memperhatikannya makan. Mereka tidak suka Anda berada di dekatnya waktu mereka sedang makan.
  • Jenis makanan tertentu mempengaruhi nafsu makan kura-kura. Anda harus pandai memilih makanan yang baik untuk kura-kura Anda. Coba berikan makanan hidup seperti cacing, jangkrik, ikan, kemudian perhatikan apakah makanan hidup tersebut mampu memacu nafsu makannya.
  • Anda juga bisa memberikannya makanan berupa pelet.
  • Letakkan beberapa pelet pada kotak kecil. Cara ini perlu dicoba berkali-kali hingga kura-kura mau memakannya.
  • Ikan salmon juga bagus diberikan kepada kura-kura. Namun ikan salmon dapat membuat air di akuarium/kolam menjadi berminyak. Oleh karenanya, jumlah dan frekuensi pemberiannya harus dibatasi.
  • Anda juga bisa memberikan sayuran dengan cara meletakkan daunnya terapung di atas kolam. Dengan demikian, kura-kura bisa mengunyah sayuran tersebut kapan pun mereka mau


Tidak semua kura-kura tumbuh dengan kecepatan yang sama. Ada beberapa faktor yang dapat menghalangi pertumbuhannya, antara lain adalah parasit internal, malas makan, makanan yang tidak baik, sinar yang tidak cukup, suhu terlalu rendah (dingin), atau sedang sakit. Agar kura-kura bisa tumbuh cepat maka pastikanlah suhu lingkungan sesuai dengan kebutuhannya. Pastikan lampu UVB (ultraviolet B) yang tersedia masih mengeluarkan gelombang UVB. Penjemuran di bawah sinar matahari juga bisa mempercepat pertumbuhannya. Hanya saja, yang perlu diperhatikan adalah overheating yang bisa menyebabkan kulit terbakar. Kemudian, periksa apakah kura-kura Anda masih mau makan. Hal ini dapat dilakukan dengan memisahkan setiap kura-kura di kotak lain saat diberi makan, lalu hitung jumlah makanan yang dimakan setiap kura-kura. Jika Anda telah melakukan pemeliharaan dengan baik, tetapi mereka tetap tidak tumbuh maka ini menandakan kura-kura Anda mengalami masalah kesehatan, sakit, atau adanya parasit. Jika demikian maka segera bawa kura-kura Anda ke dokter hewan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar