Rabu, 18 April 2012

TIPS SEPUTAR MENANAM TAMBULAMPOT DURIAN

Durian  dikenal sebagi Raja buah, dan tidak sedikit penggemarnya yang rela berburu ke berbagai tempat untuk dapat menikmati kelezatan dari buah yang  beraroma khas tersebut. Jika Anda juga  salah satu penggemar buah durian ini, pernahkah terpikir untuk memiliki pohon tersebut di pekarangan rumah Anda sendiri? Tidak memiliki   lahan yang luas? Hal tersebut bukan  lagi merupakan suatu masalah, karena  durian  sudah banyak di tanam  dalam pot  dan  hasil buahnyapun tidak  kalah baik dengan buah  durian yang di tanam  langsung  pada lahan tanah. Berikut beberapa penjelasan mengenai merawat Tabulampot Durian :

  • Durian merupakan salah satu tanaman buah yang dapat ditambulampotkan atau ditanam dalam pot. Ketika tanaman  durian  belum ditempatkan  pada pot yang ditentukan, biasanya ditempatkan  pada sebuah  drum. Ketika menanam tanaman durian dalam drum, akar tidak perlu dibungkus karung plastik atau polibag. Pada bagian dasar drum letakan pecahan genting ataupun batu-batuan kecil untuk drainase.  Ganjal drum dengan batu bata setinggi 20 cm, dengan tujuan agar akar tidak menembus tanah setelah keluar dari lubang dasar drum. Akar yang  keluar drum akan  kering dan  mati terkena sinar matahari. Setelah Anda menemukan  lokasi ataupun tempat/pot yang  tepat, tentu saja tanaman durian ini siap dipindahkan
  • Anda tentu bertanya-tanya apakah penggunaan drum menimbulkan pengaruh terhadap kualitas pohon dan  buah? Pertumbuhan vegetatif tambulampot durian tidak terganggu. Sebagai media tanam,  gunakan campuran tanah dan kompos matang dengan perbandingan 2:1. Untuk mengoptimalkan pertumbuhan gunakan kompos daun bambu.
  • Anda yang tinggal di ibukota Jakarta atau kota-kota besar lainnya. Dengan ketersediaan lahan yang  semakin sempit, tentu saja tambulampot ini  meupakan  salah satu solusi yang tepat. Namun demikian, apakah keadaan iklim di lingkungan Anda cocok untuk membudidayakan tabulampot durian? Jangan khawatir tanaman durian tumbuh optimal di dataran rendah sampai ketinggian 600 meter dpl dan bersuhu 25-30oC. Daerah beriklim basah seperti Jakarta dan Bogor pun  sesuai untuk tanaman durian.

Bagaimana sudah siap memiliki pohon durian  di halaman  rumah  Anda sendiri? Selamat berkebun !




Sumber : http://malugada.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar