Senin, 09 April 2012

Tips memelihara kura kura


Jika ingin membeli kura kura, waktu yang tepata adalah saat siang hari, dimana kura-kura masih aktif bergerak dan mau makan. Cobalah untuk memberi sedikit sayuran di depannya, bila kura kura merespon maka dapat dipastikan kura kura tersebut sehat, walaupun kadang kura kura menolak untuk makan bila ada orang. Letakkan kura kura di tanah yang terkena sinar matahari langsung, bila kura kura langsung berjalan, amati cara berjalannya. Tegap atau dengan kaki diseret.
Kesempurnaan bentuk kura kura adalah dengan cirri ciri sebagai berikut:
Untuk tempurung,  amati setiap ruas tepi apakah ada yang patah atau terkelupas. Bagian mata bening dan terlihat ‘bersemangat’. Hidungnya kering dan tidak terdapat lendir, kuku depan pada umumnya berjumlah 5 dan kuku belakang 4 buah, kuku kura kura yang hilang tidak akan tumbuh  lagi. Rasakan berat kura kura yang mantap, jika sangat ringan mengindikasikan kura kura kurang makan atau stress. Khusus untuk Geochelone elegans (bintang) dan Geochelone radiata , motif keserasian garis dan tebal garis kuning sangat mempengaruhi harga.
Untuk perawatan kura kura pada awal minggu pertama, beri buah yang manis seperti pepaya atau sayuran berair untuk mencegah dehidrasi dan meningkatkan nafsu makan, bila terlihat stress dan lemas berikan 1-2 tetes air gula 3X sehari dengan menggunakan pipet. Semua makanan harus dalam kondisi segar dan dalam potongan kecil, bila perlu sediakan 2-3 macam sayur sekaligus. Jemur kura kura 5 menit sehari , beri lampu pijar 15 watt di waktu malam di kandangnya. Kura kura jangan terlalu sering dipegang atau dibuat mainan dalam waktu ini. Bila kura kura  anda tidak mau makan selama 1-3 hari pertama atau terlihat takut orang pada hari pertama pemeliharaan hal ini adalah wajar.
Untuk  perawatan bayi kura kura yang berukuran kurang dari 6cm, semua sayuran sebaiknya digiling/blender dan buang sebagian kandungan airnya. Ganti sayuran min 3X sehari. Berikan lampu pijar 25watt selama 24jam dengan menjaga jaraknya, dan jemur di bawah sinar matahari pagi selama 5 menit dalam sehari. Jangan memelihara terlalu banyak kura kura dalam satu kandang. Sediakan serbuk tempurung cumi 1gr/minggu. Jangan terlalu sering dibuat main. Rendam kura kura dalam air hangat sekali seminggu untuk memperlancar buang air besar & mencegah dehidrasi dengan cara menuangkan air ke dalam ember kira-kira ½ tinggi kaki atau sebatas rahang bawah kura kura lalu rendam selama +- 5 menit , angkat dan keringkan dengan handuk.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar