Sabtu, 07 April 2012

Perhitungan Kalender Maya,… Salah!

Banyak masyarakat terobesesi dengan penanggalan Kalender Maya yang dikaitkan dengan Kiamat 2012, atau 2013 sebagai tahun kelahiran dunia baru. Dibalik rahasia Kalender Maya tersimpan sejarah yang membuat sistem penanggalan tidak berjalan semestinya, dengan kata lain… meleset! Dan belum pernah digunakan suku Maya sebelumnya.

Kalender Maya Dreamspell 13 Bulan

Sistem Kalender Dreamspell 13 Bulan (Dreamspell Thirteen Moon Calendar) ditemukan oleh Arguelles José dan Lloydine di awal tahun 90-an yang dikenal masyarakat sebagai Kalender Maya. Menurut Carl Johan Calleman Ph.D (Toxicology-Universitas Stockholm), dalam tulisannya tentang “….The False Mayan Calendar” menyebutkan bahwa sistem kalender ini belum pernah digunakan oleh suku Maya, banyak protagonis telah salah mengartikannya. Kalender terakhir yang didasarkan pada hitungan Kalender Suci Maya hanya diterbitkan di Guatemala dan Swedia.

Dunia menganggap Dreamspell 13 Bulan sebagai Kalender Maya, struktur dari sistem kalender yang dikenal sebagai kalender Dreamspell 13 Bulan pada dasarnya mengusulkan bahwa kita menggunakan kalender 13 bulan berbeda dari 28 hari yang disajikan sebagai siklus feminin (wanita) dimana setelah tanggal 25 Juli ditambahkan satu hari untuk memperhitungkan 365 hari tahun matahari (13×28+1=365 hari).
kalender maya
Sistem penanggalan Kalender Maya
Penghitungan dari 20 Glyphs dan 13 Nomor telah digunakan dalam Kalender Maya (dikaitkan dengan tahun 2013). Dalam simbol terkait dengan hari-hari dan cara yang sama sekali berbeda dibandingkan dengan arti kalender sebenarnya. Ketika mereka diberikan kalender Tzolkin Maya, konon merupakan kelahiran energi baru dalam sistem ini yang disebut Galactic Signature. Ini berbeda dari simbol Kalender Maya bahwa suku Maya telah menggunakannya pada hari tertentu. Aspek penting dari sistem kalender ini, bahwa hari Kabisat dalam kalender Gregorian diabaikan, dan sebagainya, pada hari-hari setiap 4 tahun urutan simbol Kalender Maya (Dreamspell 13 Bulan) terganggu dan membuatnya melompat sehingga melewati hari lompatan spritual energi.
Bagaimana penanggalan Maya dalam sistem ini? Kecuali untuk tanda dan simbol yang digunakan dalam penghitungan Tzolkin (260 hari) sangat berbeda. Suku Maya kuno mengikuti siklus bulan bergantian antara 29 dan 30 hari yang berarti konsisten dengan siklus bulan purnama.
Dalam Kalender Maya (Dreamspell 13 Bulan), tanggal 26 Juli telah dipilih sebagai Tahun Baru dan sering disebut Tahun Baru Maya. Dalam realitas ini, hari pertama ditetapkan dari Kalender Maya (Dreamspell 13 Bulan) adalah kebalikan dari sistem Kalender Maya. Tanggal ini benar-benar akhir kalender tradisional Maya di Yucatan. Pada zaman Maya kuno ketika peradabanan Quiche-Maya masih hidup, kalender Maya tidak memiliki tanggal Tahun Baru yang sekarang bisa langsung diterjemahkan ke dalam kalender Gregorian.

Sejarah Kesalahan Perhitungan Kalender Maya

Penting Anda ketahui, bahwa kalender Maya Tradisional tidak memiliki tanggal Tahun Baru yang tetap (seperti 1 Januari). Tidak seperti kalender lain yang sebagian besar bukan merupakan subordinasi waktu mekanis dan siklus astronomi. Tahun 1541 Yucatan ditaklukkan oleh Spanyol, ini berarti bahwa mereka dipaksa mengkonversi tanggal kedalam penanggalan Kristen, ditandai dengan pembakaran kalender Maya yang dihasut oleh Uskup Diego de Landa pada tahun 1562. Uskup inilah yang pertama kali melihat perayaan 26 Juli sebagai hari Tahun Baru bagi suku Maya.
Sebagai bagian dari adaptasi keterpaksaan penanggalan Kristen dengan perayaan Kudus, Natal, dan hari besar Kristiani lainnya, suku Maya harus membekukan hari awal sebelumnya bergerak dari Haab pada tanggal saat penaklukan oleh Spanyol di tahun 1541. Pembekuan ini berarti akhir yang efektif untuk sistem Kalender Maya di Yucatan dan konversi mekanisme sistem waktu astronomi.
Orang Spanyol sebenarnya melihat simbol dari Kalender Maya sebagai penyembahan berhala, dan menekan mereka dengan paksa, yang tercermin dalam Auto-Da-Fe Of Mani (penjelasan di Wikipedia). Apakah ini berarti bahwa tanggal 26 Juli benar-benar diberlakukan oleh Conquistadores Spanyol dan merupakan ekspresi yang jelas dari dominasinya atas suku Maya? Ini adalah kebalikan dari Tahun Baru Maya, penggunaannya melambangkan akhir dari sistem kalender asli suku Maya di Yucatan. 

Saat ini, Guatemala sangat signifikan dari sistem kalender kuno, seperti penanggalan Haab dan Tzolkin (Cholquij) yang dijalankan secara diam-diam dan bertahan hingga saat ini di dataran tinggi tersebut. Hal ini dapat diverifikasi dari artefak arkeologi bahwa Kalender Suci telah disimpan dan tidak berubah oleh waktu sejak zaman Quiche-Maya.
Dalam pandangan Carl Johan Calleman, jumlah Tzolkin tertentu benar yang merupakan hadiah bagi masa depan umat manusia jika kita benar-benar menggunakannya. Semakin banyak orang yang mulai menggunakan Kalender Suci akan mengalami energi berbeda. Namun, itu bukan bagian dari Kalender Maya (Dreamspell 13 Bulan). Alasan utamanya, bahwa Kalender Maya (Dreamspell 13 Bulan) membuat lompatan setiap 4 tahun pada hari Kabisat dalam kalender Gregorian, hari yang menurut Dreamspell 13 Bulan tidak memiliki energi Tzolkin.
Adam Rubel dari Saq Be (sebuah organisasi yang mencerminkan pandangan adat dan budaya terutama Maya) mengatakan tentang Kalender Maya (Dreamspell 13 Bulan);
Karya Arguelles telah dibuat jelas, saya pikir semua orang mengerti, kebutuhan untuk membedakan sistem ini dari setiap hubungan dengan tradisi Maya. Ini merupakan keinginan para tetua agar kekeliruan segera berakhir. Mengapa penemu dari Dreamspell Tzolkin memilih menyimpang dari Kalender Suci tradisional dengan cara ini? Bahwa sebagai adaptasi dari waktu astronomi dan ketepatan tahun matahari, maka dimasukkan Hari lompatan kalender Eropa (jangan pernah dilakukan pada kalender Maya).

Kalender Maya, Refleksi Dominasi Penguasa

Kalender Gregorian menggabungkan Hari lompatan setiap 4 tahun sejak Julius Caesar memutuskan penanggalan 23 Feb. Berarti,.. Signatures Galactic dihitung dengan Kalender Maya (Dreamspell 13 Bulan) secara langsung, bergantung pada keputusan Julius Caesar untuk membuat hari tertentu sebagai hari kabisat. Jika Kaisar Romawi memilih hari lain sebagai hari kabisat, mengatakan 4 April atau 9 November, maka Signatures Galactic akan menjadi sangat berbeda.
Jadi, pengalihan Dreamspell 13 Bulan dari Kalender Suci Suku Maya adalah ciptaan seorang Kaisar Romawi, dengan demikian jelas merupakan cerminan dari dominasi patriarki yang saat ini masih menipu orang tentang hari & tanda suku Maya. Oleh karena itu, seluruh sistem dari sistem Kalender Maya (Dreamspell 13 Bulan) adalah refleksi dari dominasi patriarkal dan pencipta sebenarnya adalah Spanish Conquistadors dan Julius Caesar, cukup berbeda dengan banyak retorika penemunya.
Teori konspirasi yang ditulis Carl Johan Calleman menuai kritik dari Arkeologi Johan Normark yang mengatakan “Seluruh Skema hirarkis Calleman didasarkan pada penulisan periode Kolonial, bukan pada keyakinan periode klasik”.
Mungkin tepat bagi kita untuk menanyakan ‘Sejauh mana sistem yang begitu banyak didasarkan pada dominasi penguasa (tertentu) juga tercermin dalam kerja internal gerakan ini?’
Apa dibalik semua ini? Rumor mengatakan bahwa Kalender Suci bukan hanya sebuah rahasia penanggalan, tetapi juga rahasia jagad raya dan isinya. Bahkan penanggalan Haab Dan Tzolkin, kemungkinan tak ada kaitannya dengan Kiamat 2012-2013 (Doomsday). Kalender Maya telah menjadi agenda yang sangat di rahasiakan.


Sumber : http://cutpen.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar